Customer Service

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Teori Strategi Porter dengan Keterkaitan dengan Bidang IT - Tugas Kuliah


as-salamu `alaykum
Profil Michael Eugene Porter  dari  http://id.wikipedia.org/wiki/Michael_Porter :
lahir 1947,  adalah pengajar di Sekolah Bisnis Universitas Harvard dengan keahlian utama di bidang manajemen strategis dan keunggulan kompetitif perusahaan. Ia telah menulis berbagai buku dan artikel tentang manajemen dan antara lain dikenal dengan teori analisis lima kekuatan Porter-nya (Porter five forces analysis).

Porter Mempunyai banyak strategi bisnis namun dia telah merangkumnya menjadi 3 strategi kompetitif yaitu

  1. Diferensiasi (Differentiation), adalah salah satu tipe strategi kompetitif,  organisasi berupaya membuat produk atau jasa yang ditawarkannya berbeda dengan pesaing. Organisasi dapat menggunakan periklanan, fitur produk yang berbeda, pelayanan atau teknologi baru untuk meraih persepsi produk yang dianggap unik.
  2. Kepemimpinan Biaya (Cost Leadership), merupakan salah satu tipe strategi kompetitif, organisasi secara agresif berupaya menjadi lebih efisien (melakukan reduksi biaya) dari pesaing-pesaingnya dengan memotong biaya produksi dan pengawasan biaya yang sangat ketat.
  3. Fokus (Focus), adalah salah satu tipe strategi kompetitif yang menekankan pada kondentrasi terhadap suatu segmen pasar atau kelompok pembeli tertentu.
Michael Porter Startegy Scope
Pertama-tama kita akan membahas area Narrow Market Scope terlebih dahulu yang didalamnya terdapat Segmentation Strategy. Individu dengan memiliki kebutuhan yang berbeda, sehingga produk yang dibutuhkan juga berbeda. Segmentasi pasar merupakan proses membagi-bagi pasar kedalam kelompok-kelompok pasar, misalnya dalam satu kelompok memiliki kebutuhan yang relatif sama. Sehingga disini proses pembagian pasar ini atas dasar kesamaan kebutuhan. Gunanya, agar perusahaan mampu mendesign marketing mix  yang 'pas' sesuai dengan kebutuhan individu yang ada dalam segmen yang dipilih. Segmen pasar berisi individu, kelompok, atau organisasi yang memiliki satu atau lebih kesamaan karakter-- yang berarti memiliki tingkat kesamaan kebutuhan.


Broad Market Scope. Terdapat 2 Strategi yang pertama adalah Diferentiation Strategy, pada bagian ini terdapat hubungan yang cukup erat dengan IT terutama untuk strategi promosi atau publikasi yang bisa menggunakan iklan gratis atau berbayar di internet.

Strategi bagian kedua ada yang dinamakan Cost Leadership, kaitan dengan bidang IT adalah dengan memanfaatkan teknologi komputasi yang memudahkan pelaku usaha untuk pengambilan keputusan dan penyimpanan data usaha.

Source : 






Cara Order

Hubungi saya, Agus Munawar dengan cara kirim email ke munawar.agus@gmail.com atau sms ke no. 08978863356 sertakan jenis order anda (nama barang/kode barang, nama anda, email anda dan no. telp).

0 komentar:

Posting Komentar

Berita Terbaru

Produk Populer

Advertiser